Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS

Ciri - Ciri manusia bertakwa


Ciri-ciri orang yang bertakwa digambarkan sendiri oleh Allah SWT di dalam Al Quran.
  1. Senantiasa menginfakkan hartanya dalam lapang maupun sempit. Uang yg kita miliki kalau meninggal jadi milik ahli waris. Milik kita yg sebenarnya ya yg kita infak kan. Mari kita infak, jangan nunggu kaya.
  2. Pandai mengendalikan hawa nafsu. Malaikat diberi akal oleh Allah SWT tapi tak memiliki nafsu. Hewan diberi nafsu oleh Allah SWT namun tak diberi akal. Kita ini manusia, ada akal dan nafsu. Kalau kita pandu, semuanya jadi positif karena nafsu mendorong manusia berbuat maksiat. Dalam sebuah hadits Rasul: mengatakan bahwa ada tiga hal yang membawa kita menuju kehancuran: i.) Menuruti hawa nafsu, ii.) Mengagumi diri sendiri, iii.) Orang yg bakhil, pelit.
  3. Suka memberikan maaf kepada manusia. Umar bin Khatab dihampiri orang yang memaki-maki beliau. Wajah merah, tangan gemetar akan marah tapi diingatkan oleh sahabat lain dengan membacakan firman Allah, langsung sadar beliau. Mari kita berjiwa besar dengan memberikan maaf kepada orang-orang yang mendzalimi kita.
  4. Berbuat ikhsan- mengabdi kepada Allah seolah-olah Allah berada di sekitarnya. Berbuat baik kepada orang yg jahat kepadanya. Berbakti kpd Allah, kemudian ke orang tua. Ridho Allah tergantung ridho orang tua kita, demikian halnya murkanya.
  5. Apabila berbuat dzalim (termasuk kepada diri sendiri) langsung minta ampunan kepada Allah SWT dengan istighfar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar